FAKULTAS KEBIDANAN

Fakultas Kebidanan

VISI“Menjadi Fakultas Kebidanan yang unggul , kompeten secara akademik dan profesional yang mampu bersaing dalam skala nasional dan regional”

MISI

  1. Mengimplementasikan proses pengajaran sesuai dengan Kurikulum dalam meningkatkan kemampuan dan keterampilan mahasiswa melalui metode SCL (Student Centered Learning)
  2. Melaksanakan penelitian sesuai dengan roadmap penelitian yang berfokus pada pelayanan kebidanan.
  3. Meningkatkan kualitas pengabdian pada masyarakat yang merupakan hasil penelitian yang dapat diimplementasikan untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat
  4. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui studi lanjut dosen dan tenaga kependidikan.
  5. Memperluas jaringan kerjasama dalam dan luar negeri dan meningkatkan kompetensi lulusan dalam bidang pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

Program Studi Kebidanan Diploma III

VISI

Menjadi penyelenggara pendidikan Diploma  Tiga Kebidanan yang unggul di Sumatera Utara, bidang Terapi Pijat Bayi tahun 2020.

Unggul berarti : Mencapai peringkat akreditasi A pada tahun 2020

 

MISI

  1. Mengimplementasikan proses pengajaran sesuai dengan KPT (Kurikulum Pendidikan Tinggi) sesuai dengan Standart Nasional pendidikan tinggi (SNDIKTI) dalam meningkatkan kemampuan dan keterampilan mahasiswa melalui metode SCL (Student Centered Learning)
  2. Melaksanakan penelitian sesuai dengan road map penelitian yang berfokus pada terapi pijat bayi dengan melibatkan mahasiswa dalam penelitian dosen.
  3. Meningkatkan kualitas pengabdian pada masyarakat yang merupakan hasil penelitian terapi pijat bayi yang dapat diimplementasikan untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat
  4. Memperluas jaringan kerjasama dalam dan luar negeri dan meningkatkan kompetensi lulusan dalam bidang pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat
  5. Meningkatkan kualitas dan kualifikasi dosen untuk mengikuti studi lanjut ke jenjang S2 dan S3 kebidanan baik dari dalam negeri maupun luar negeri

Program Studi Sarjana Kebidanan

VISI

Menjadi program studi profesi bidan yang mampu menghasilkan bidan profesional, cerdas, kompetitif dan unggul dalam pelayanan kebidanan komplementer untuk memenuhi kebutuhan pasar lokal, nasional dan regional

 

MISI

  1. menyelenggarakan proses belajar mengajar yang kondusif dengan berbagai fasilitas belajar, media, bahan ajar, metode, dan sistem pembelajaran kelas, praktikum laboratorium, praktik (dinas) rumah sakit, klinik dan komunitas.
  2. mengimplementasikan program riset kebidanan sesuai dengan roadmap penelitian pelayanan kebidanan komplementer yang difokuskan kepada pelayanan kebidanan komplementer di
  3. masyarakat. mengimplementasikan program pengabdian kepada masyarakat berbasis riset dengan mengoptimalisasikan pelayanan kebidanan komplementer di masyarakat.
  4. mengefektifkan studi lanjut dosen melalui program pendidikan dari jenjang s2 ke s3.
  5. meningkatkan hubungan kerjasama dengan berbagai institusi sejenis baik secara lokal, nasional, dan internasional.

Program Studi Profesi Kebidanan

VISI

“Menjadi Program Studi Profesi Bidan yang mampu menghasilkan bidan profesional, cerdas, kompetitif dan unggul dalam pelayanan kebidanan komplementer untuk memenuhi kebutuhan pasar lokal, nasional dan regional”

  • Istilah dalam visi ini dapat dijelaskan sebagai berikut:
    Profesional adalah istilah bagi seorang bidan yang mampu memberikan jasa layanan mandiri sesuai dengan protokol dan peraturan dalam bidang yang dilayaninya dan menerima gaji sebagai upah atas jasanya
  • Cerdas adalah sempurna perkembangan akal budinya (untuk berpikir, mengerti dan sebagainya)
  • Kompetitif adalah kemampuan seorang bidan yang mampu bersaing untuk mendapatkan pekerjaan atau praktek berdasarkan profesionalisme baik dalam skala lokal, regional, nasional, dan internasional.
  • Unggul adalah merupakan visi keilmuan Program Studi Profesi Bidan yang merupakan penciri lulusan yang tidak dimiliki oleh lulusan Institusi lain yaitu praktek ginekologi rumah sakit.
  • Pelayanan kebidanan komplementer adalah pelayanan yang diberikan bidan dengan tanpa pengobatan medis yang merupakan perawatan secara alternative sebagai upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat.

 

MISI1. Menyelenggarakan proses belajar mengajar yang kondusif dengan berbagai fasilitas belajar, media, bahan ajar, metode, dan sistem pembelajaran kelas, praktikum laboratorium, praktik (dinas) rumah sakit, klinik dan komunitas.

2. Mengimplementasikan program riset kebidanan sesuai dengan roadmap penelitian pelayanan kebidanan komplementer yang difokuskan kepada pelayanan kebidanan komplementer di Masyarakat.
3. Mengimplementasikan program pengabdian kepada masyarakat berbasis riset dengan mengoptimalisasikan pelayanan kebidanan komplementer di Masyarakat.
4. Mengefektifkan studi lanjut dosen melalui program pendidikan dari jenjang S2 ke S3.
5. Meningkatkan hubungan kerjasama dengan berbagai institusi sejenis baik secara lokal, nasional, dan internasional